Saturday 12 December 2015

Etika Bisnis Yang Perlu Anda Pelajari

etika bisnis
Dalam dunia bisnis, ada satu hal yang perlu anda ketahui agar bisnis anda mengalami kemajuan yang pesat.Komunikasi merupakan salah satu bentuk upaya pebisnis menjalin komunikasi sehingga bisnis mereka berjalan dengan lancar. Akan tetapi, ada hal lain yang perlu diperhatikan oleh pebisnis agar mereka bisa menjalankan bisnis mereka dengan baik. Salah satunya adalah mempelajari tentang etika bisnis. Mengenal dan mempelajari tentang etika mengenai bisnis menjadi ide cemerlang didalam bisnis anda karena etika akan membantu bisnis anda semakin baik sehingga kemungkinan untuk berkembang akan baik karena anda akan memiliki hubungan yang baik mulai dari pekerja dan kompetitor lain yang sejalan dengan bisnis anda.

Pengertian etika bisnis

Untuk mengetahui tetanng etika bisnis, ada baiknya jika kita mempelajari pengertiannya terlebih dahulu sehingga kita bisa paham apa maksud dan tujuan dari etika ini didalam bisnis. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui pengertian etika ini untuk anda sebelum menjalankan bisnis anda. Sebelum jauh menjelaskan etika dalam bisnis lebih jauh, anda ketahui bahwa etika ini merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis dimana didalamnya mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan juga masyarakat didalamnya. Sehingga, hal itu akan memberikan sesuatu yang positif untuk perusahaan atau bisnis anda kedepannya.

Selain itu, etika bisnis dalam suatu perusahaan juga sangat bermanfaat karena etika ini mampu melahirkan nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan mereka dalam membangun usaha mereka melalui hubungan yang adil dan sehat dengan mitra kerja/ pelanggan, pemegang saham hingga masyarakat. Oleh karena itu, mengetahui bagaimana etika ini dijalankan didalam bisnis akan memberikan banyak keuntungan kepada para pengusaha sehingga usaha mereka akan lancar atau bahkan sukses dan mensejahterakan semua yang terlibat dalam bisnis. Hal utama yang perlu di sadari dari etika didalam usaha adalah perusahaan akan memberikan nilai-nilai luhur yang harus ditaati untuk meningkatkan kinerja dalam pekerjaan.

etika bisnis
Keuntungan mempelajari etika bisnis

Banyak keuntungan yang akan anda dapatkan ketika anda mempelajari dan menjalankan etika bisnis didalam perusahaan atau usaha anda. Tujuan dari Etika dalam bisnis adalah untuk menjalankan serta menciptakan sebuah bisnis seadil mungkin sehingga semuanya tidak akan mendapatkan kekurangan ketika menjalankan bisnis mereka. Selain itu, etika ini juga memiliki maksud untuk menghilangkan bagaimana pelaku usaha didalam suatu perusahaan bergantung pada sebuah kedudukan individu maupun perusahaan.Selain itu, etika didalam perusahaan juga mampu menjadi standar atau ukuran didalam perusahaan yang lebih tinggi. Sehingga, anda tidak akan menjumpai adanya abu-abu dan tidak teratur didalam perusahaan.

Selain itu, seseorang juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih ketika anda mampu memahami fungsi dari etika bisnis. Penerapan etika ini akan memberikan nilai plus tersendiri bagi perusahaan karena etika ini mampu mengurangi dana yang diakibatkan dari kemungkinan perpecahan baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan. Selain itu, etika ini juga mampu memotivasi pekerja didalam perusahaan untuk meningkatkan pekerjaan mereka serta mampu melindungi prinsip kebebasan dalam perdagangan dan mampu bersaing dengan baik didalam persaingan. Perusahaan yang memiliki etika yang bagus pada umumnya akan disukai oleh pekerja karena mereka akan merasa dihargai saat bekerja sehingga produktivitas mereka juga akan meningkat dan itu akan memberikan dampak yang besar bagi perusahaan secara tidak langsung.

Etika bisnis sebagai langkah maju dalam usaha

Suatu perusahaan yang tidak menerapkan etika bisnis bisnis dengan baik dan mereka memiliki etika yang kurang baik, maka hal ini akan memberikan kehancuran bagi perusahaan anda karena biasanya anda akan dibalas dengan apa yang anda lakukan terhadap perusahaan lain atau mitra anda. Hal itu akan berbading terbalik jika anda memiliki etika baik dalam bisnis.Etika yang baik akan memberikan sesuatu yang positif dan akan mendapatkan peringkat kepuasan yang lebih tinggi didalam perusahaan.

Selain itu, Hill dan Jones juga menyatakan ide positifnya tentang etika bisnis dimana etika baik akan memberikan pembeda antara salah atau benar untuk memberi pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mengambil keputusan strategis yang berkaitan dengan moral didalam perusahaan. Dengan kata lain, etika sangat mempengaruhi nasib perusahaan yang akan datang. Selain itu, hal positif yang menjadi wajibnya seorang pengusaha mempelajari etika ini adalah perusahaan mereka akan mendapatkan kenyamanan dalam system produksi sehingga keuntungan akan banyak didapat oleh pengusaha dengan etika ini.

Oleh karena itu, kita tidak boleh menomor duakan etika bisnis karena pengaruh dari etika ini sungguh luar biasa didalam perusahaan. Walaupun terlihat sepele dan banyak orang yang tidak begitu memperhatikan etika mereka justru dengan ini nasib mereka akan dipertaruhkan. Artinya jika anda mengetahui etika baik dan etika itu diaplikasikan didalam kehidupan sehari-hari anda, maka perusahaan yang anda mampu akan memiliki banyak keuntungan bagi mitra hingga pekerja anda bahkan untuk perusahaan anda sendiri.

Artikel Terkait

Etika Bisnis Yang Perlu Anda Pelajari
4/ 5
Oleh