Friday 13 March 2015

Perbedaan Antara Investasi Syariah vs Invenstasi Konvensional



Mungkin baru pertama kali anda mendengar apa itu investasi syariah?, kalau memang begitu investasi syariah adalah investasi yang berlandaskan hukum muamalah atau hukum yang diatur dalam agama Islam untuk menjauhkan dosa dan merugikan bagi umat ataupun orang lain. Setelah anda mengetahui apa itu investasi syariah mungkin anda bertanya kembali tentang apa perbedaannya dengan investasi pada umumnya atau disebut investasi konvensional. Disini kami akan mengulasnya perbedaan antara investasi syariah vs investasi konvensional.

Petama adalah landasan hukumnya.
Perbedaan antara investasi syariah vs investasi konvensional yang paling mendasar adalah hukum sebagai landasan bisnis tersebut. Landasan hukum investasi syariah berlandaskan pada firman Allah, Hadist dan Ijma’ ulama atau tafsiran para ulama. Sedangkan investasi konvensional adalah kesepakan anatar manusia yang hanya mementingkan aspek keuntungan tanpa memandang hukum riba dan sebagainya.

Kedua perbedaan antara investasi syariah vs investasi konvensional adalah terletak pada kelembagaannya. Jika investasi syariah posisi lembaga keuangan atau lembaga investor hanya sebagai pihak yang mengelola dana dari para nasabah lain ceritanya jika investasi konvensional sebagai pemilik modal jadi jika terjadi resiko ataupun kerugian maka akan terjadi transfer tertanggung kepada penanggung sedangkan dalam investasi syariah akan mengenal sifat taabarru’ atau pemisahan dana ini akan menjauhkan dari kehilangan modal investasi.

Ketiga dalam perbedaan antara investasi syariah vs investasi konvensional adalah kepemilikan dana atau investor. Jika investor syariah berasal dari patungan dari para peserta dan perusahaan sebagai pengelola dan pemegang dana. Lain dengan investasi konvensional karena dana investasi milik perseorangan dan perusahaan berhak menggunakan dana tersebut.

Keempat atau yang terakhir tentang perbedaan antara investasi syariah vs investasi konvensional adalah misinya. Jika investasi syariah menggunakan misi perbedayaan umat dalam aktifitas ekonomi serta ada unsur ibadahnya karena sering melakukan sodaqoh yang juga menimbulkan sisi sosial. Berbeda dengan investasi konvensional yang hanya bermisi untuk mekemajuan ekonomi dan sosial. Demikan beberapa perbedaan andata investasi syariah dan investasi konvensional semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Perbedaan Antara Investasi Syariah vs Invenstasi Konvensional
4/ 5
Oleh