Saturday 19 December 2015

Jenis Usaha Modal Kecil Yang Bisa Anda Lakukan

jenis usaha modal kecil
Jenis usaha modal kecil yang bisa anda lakukan sangatlah banyak. Saat ini begitu banyak masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Kesadaran akan peluang usaha yang bisa dilakukan oleh masyarakat masih sangat rendah. Kebanyakan masyarakat hanya memikirkan pekerjaan yang bisa dilamar sehingga mereka tidak bisa mengembangkan usaha sendiri. Bagi anda yang memiliki keinginan untuk mendapatkan tambahan pemasukan, tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan meskipun dengan modal yang kecil.

Jenis usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga

Ibu rumah tangga yang biasanya hanya mengandalkan pemasukan dari suami bisa saja merasa bosan dengan aktifitas rumah tangga. Bila anda adalah ibu rumah tangga dan memiliki banyak waktu luang, anda bisa mencari peluang bisnis dan melakukannya dirumah sambil mengurus keluarga. Jenis usaha modal kecil bisa menjadi kegiatan yang sangat menguntungkan. Disamping anda bisa menghasilkan uang, and juga bisa berlatih berbisnis yang lain apabila anda sudah berhasil dengan bisnis yang anda tekuni.

Beberapa Jenis usaha modal kecil

Salah satu jenis usaha modal kecil yang bisa dikerjakan adalah bisnis bimbingan belajar. Bagi anda yang memiliki kemampuan dibidang akademik dan memiliki prestasi yang cukup baik ketika bersekolah, anda bisa membuka usaha bimbingan belajar. Anda bisa menawarkan jasa anda kepada tetangga dan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan guru les. Hanya dengan bermodalkan ruangan dirumah anda, beberapa kursi dan papan tulis kecil, anda bisa mendapatkan penghasilan dari usaha tersebut. Selain bisa mendapatkan pemasukan tambahan untuk keluarga, anda juga bisa mengasah kembali kemampuan anda dalam bidang ilmu pengetahuan. Ibu rumah tangga yang harus mengurus rumah bisa menentukan jadwal belajar yang tidak mengganggu aktifitas rumah tangga anda.

Jenis usaha modal kecil yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah dengan membuka usaha seperti menerima pesanan kue ataupun makanan kecil untuk arisan. Jika anda tinggal di perkomplekan yang memiliki banyak tetangga dan sering diadakan acara seperti arisan, perkumpulan ibu PKK, atau juga pengajian, anda bisa membuka usaha kecil dengan jasa membuatkan makanan. Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, yang perlu anda lakukan adalah mempromosikan makanan kecil buatan anda kepada tetangga dan masyarakat kemudian anda bisa membuat promosi tentang usaha anda. Orang yang memesan makanan bisa membayar dimuka apabila anda tidak bisa mengeluarkan uang, dengan begitu nanti anda bisa memperhitungkan pengeluaran untuk membuat makanan dan juga keuntungan yang akan anda dapatkan.

jenis usaha modal kecil
Apabila anda adalah ibu rumah tangga yang memiliki mesin cuci, anda juga bisa membuka usaha modal kecil yaitu jasa laundry. Mesin cuci yang biasanya hanya anda gunakan sendiri untuk keperluan keluarga, anda bisa menjadikannya sebagai alat yang mampu menghasilkan uang. Hanya dengan membuat pamphlet tentang jasa anda, maka akan banyak orang yang tahu bahwa anda memiliki usaha baru dirumah anda. Jenis usaha modal kecil ini sangat cocok bagi anda yang memiliki rumah didekat jalan atau dipinggir jalan. Perhitungan tentang lokasi dan juga prospek kedepan sangatlah diperlukan, dengan begitu usaha anda bisa maju dan berkembang.

Selain itu anda juga bisa membuat usaha lain yang bisa menguntungkan anda. Bila anda hanya memiliki modal kecil anda harus lebih cerdas melihat situasi disekitar anda. Bila anda memiliki lokasi yang bagus dirumah dan bisa menjadikan sebuah usaha yang bagus disana, maka anda harus lebih cerdas untuk mengambil peluang usaha agar bisa menghasilkan keuntungan. Jenis usaha modal kecil yang bisa anda lakukan memang sangatlah banyak. Apabila anda benar-benar ingin menghasilkan uang untuk menambahkan penghasilan, anda harus pandai untuk melihat lingkungan. Apabila anda berada dilingkungan sekolah anda bisa membuka usaha tentang kebutuhan anak sekolah, seperti makanan, alat tulis, dan juga bimbingan belajar. Jika anda tinggal diperkampungan, anda bisa memulai berternak atau berkebun, sedangkan jika anda hidup diperkotaan akan lebih banyak peluang. Sesuaikan juga dengan keahlian anda.

Jenis usaha modal kecil biasanya adalah jenis usaha yang menggunakan jasa dari keahlian anda. Anda bisa mencari tahu keahlian anda dan juga anda harus menganalisis tentang peluang usaha. Bila anda sudah mengetahui keahlian anda, tentu semuanya bisa diperhitungkan. Bila anda menyukai anak-anak, anda juga bisa membuka jasa penitipan anak. Sebuah usaha yang akan anda jalani haruslah dilakukan dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya jenis usaha dengan modal kecil anda bisa semakin berkembang. Semua usaha harus dilakukan dengan ikhlas dan mengutamakan kepuasan pelanggan.

Apapun jenis usaha kecil anda asalkan halal dan bermanfaat bagi anda dan orang lain maka jangan ragu untuk melakukannya. Semua kesuksesan dalam melakukan usaha adalah berasal dari diri sendiri. Semakin anda percaya diri dengan kemampuan anda maka akan semakin mudah bagi anda untuk mengembangkan sebuah usaha yang bisa membantu perekonomian keluarga anda. Jangan sampai anda menyia-nyiakan keahlian yang anda miliki. Jenis usaha modal kecil sangatlah banyak, anda hanya perlu mengeluarkan modal kecil dan juga bahkan tidak perlu mengeluarkan modal.

Artikel Terkait

Jenis Usaha Modal Kecil Yang Bisa Anda Lakukan
4/ 5
Oleh