Friday 13 March 2015

Apa Yang Dimaksud Dengan Investasi Syariah Rakyat



Investasi syariah sekarang ini tentunya sudah bnyak diselenggarakan baik itu oleh bank atau lembaga perusahaan keuanga. Namun, pernahkan anda mendengar investasi syariah rakyat ?, jika belum  tahu kami memiliki pengertian apa yang dimaksud dengan investasi syariah rakyat semoga dapat memberikan tamhana pengetahuan untuk anda.

Investasi yang dikembangkan ini pada dasarnya sama dengan investasi syariah pada umumnya hanya saja ada beberapa perbedaan baik itu tujuan maupun dari peserta atau nasabahnya. Hal pertama adala para peserta atau nasabahnya biasanya menyasar dan
mencakup rakyat dengan golongan yang bervareasi. Karena umumnya investasi dilakukan oleh para golongan atas atau yang mempunyai penghasilan yang berlebih dan ingin menanamkan uangnya sebagai investasi kedepan. Lain halnya dengan investasi syariah rakyat ini akan memberlakukan semua golongan boleh masuk. Di dalamnya akan tersedia produk investasi seperti deposito, asuransi maupun obligasi yang terjangkau oleh para nasabahnya karena telah disesuaikan dari pihak bank atau lembaga keuangan.

Dilihat dari prinsip investasi syariah ini yang mengumpulkan dana dari patungan maka investasi syariah rakyat memiliki jaringan patungan atau iuran antar nasabah yang sangat besar dan luas. Selain itu pula bagi hasil yang dilakukan akan lebih besar karena pesertanya pun demikian. Di posisi ini pihak penyelenggara hanya sebagai pengelolan dana rakyat tersebut dan tidak memakainya itulah yang diatur oleh hukum investasi syariah. Keuntungannya adalah kemungkinan dana yang didapat lebih besar karena mencakup banyak orang dan juga dapat menyasar sektor modal lebih luas lagi.

Investasi syariah rakyat ini juga memberikan pembelajaran dan andil rakyat dalam mengelola dan memajukan ekonomi. Karena disini yang bermain investasi bukan hanya golongan tertantu, selain itu juga akan lebih memeratakan kesejahteraan ekonomi. Karena siapapun dapat menanam modalnya secara patungan dan berkelompok antar nasabah. Demikian beberpa pengertian tentang apa saja investasi syariah rakyat dilihat dari segi keefektifitasannya akan sangat besar karena akan membuka pengetahuan juga akan membantu kemuajuan ekonomi disamping mereka rutin menabung. Hal ini dapat diterapkan pada rakyat dengan golongan menegah bawah dengan aturan yang diperluas asal tidak bertentangan dengan aturan agama Islam.

Artikel Terkait

Apa Yang Dimaksud Dengan Investasi Syariah Rakyat
4/ 5
Oleh