Friday 20 March 2015

Riba Adalah Hukum Yang Harus Di Jauhi Dalam Investasi Syariah



Investasi syariah pada dasarnya adalah segala aktifitas investasi perbankkan yang menggunakan dasar prinsip aturan agama Islam. Olehkarenanya hal ini menjadi pembeda dengan investasi konvensional pada umumnya, salah satunya terdapat hukum riba di dalam investasi syariah tersebut. Jika anda belum mengetahui secara penuh apa itu hukum riba, kami akan menjikan kenapa riba adalah hukum yang harus di jauhi dalam investasi syariah berikut ini.

Dalam pengertiannya riba berasal dari kata arab yang artinya tambahan,
tumbuh atau menjadi tinggi dan besar. Dalam dunia investasi ini riba bisa diartikan sebuah penambahan dana atau penambahan materi dari pengguna kepada penanam investasi tanpa menggunakan kesepakatan soal dana yang berlebih tersebut.

Riba adalah hukum yang harus di jauhi dalam investasi syariah sendiri memang sudah sepantasnya di jauhi, karena di dalam transaksi antar dua pihak akan terjadi keuntungan yang disebut bunga dan di dalam Islam diisyaratkan sebagai hal yang haram. Penyebab pengharaman riba tersebut dekarenakan beberapa alasan anatara lain:

Pertama, di dalam agama Islam harta diandaikan sebagai darha atau kepunyaan yang sangat berarti, oleh karena itu mengambil hartanya tanpa mengadakan ganti rugi akan sama kasusnya dengan mencuri, dan di dalam agama Islam mencuri itu termasuk perbuatan berdosa.

Kedua, akan berat sebelah, disisi lain bagi investor mereka tidak akan menanamkan modalnya kembali terlalu banyak karena hasil keuntungannya dapat di gunakan kembali, hal ini berbeda bagi pihak yang di modali, karena mereka akan mengembalikan lebih dalam nilai tetapnya. Kasus ini sama saja seperti piutang dengan pemerasan yang dipaksakan.

Ketiga, menilik kepada aspek sosial karena hal ini dapat merenggangkan tali persaudaraan anatar manusia, serta di andaikan sama saja memeras bagi pemakai modal yang ujungnya adalah terjadi kesenjangan dan gejolak sosial.

Sekarang anda sudah mengetahui mengapa riba adalah hukum yang harus di jauhi dalam investasi syaraiah, untuk menghindari hal tersebut anda tentunya sudah tentu akan dijelaskan di dalam investasi syariah, jika anda memang benar-benar berminat kepada investasi tersebut.

Artikel Terkait

Riba Adalah Hukum Yang Harus Di Jauhi Dalam Investasi Syariah
4/ 5
Oleh