Wednesday 18 March 2015

3 Alasan Mengapa Investasi Syariah Berkembang Pesat Di Indonesia



Investasi merupakan aktifitas bisnis ekonomi yang di jalankan oleh orang yang disebut investor dengan tujuan menanamkan sejumlah uang untuk mendapatkan keuntungan finansial yang tetap. Setelah mengerti apa itu investasi, kemudian pertanyaan anda merujuk kepada investasi syariah bukan?, investasi syariah pada sistem dan aturannya tidak jauh berebeda dengan investasi lainnya hanya terdapat beberapa aturan khusus yang tidak terdapat di investasi pada umumnya atau konvensional. Aturan investasi syariah ini merujuk yang di atur dalam ilmu jual beli dalam agama Islam, oleh karenanya tidak sedikit pula yang menyebut
investasi syariah ini merupakan investasi yang halal karena ada campur tangan agama di dalamnya. Oleh karena itu tak mengherankan mengapa investasi syariah berkembang pesat di Indonesia, berikut ini kami akan sajikan beberapa alasannya.

Alasan pertama tentang mengapa investasi syariah berkembang pesat di Indonesia adalah mayoritas penduduknya beragama Islam. Masyarakat Indonesia mayoritas memeluk agama Islam, oleh karena itu pula salah satu faktor yang mempengaruhi paling utama. Terbukti berbagai perbankkan berbasis Islami atau menggunakan sistem syariah tetap tumbuh bahkan cenderung berkembang di akhir-akhri ini. Selain itu pula perbankkan yang besar ikut bermain dalam sektor investasi syariah ini dengan menerpakan program khusus.

Alasan yang selanjutnya andalah mengapa investasi syariah berkembang pesat di Indonesia adalah terjaminnya sistem maupun landasan hukumnya. Setelah mulai menjamurnya lembaga dan bank yang membuka sistem investasi syariah ini disisi lain juga terdapat lembaga yang menjamin dan landasan hukumnya. Dewan Syariah Nasional (DNS) merupakan lembaga legal yang terbentuk untuk memanajemen aktifitas keuangan syariah termasuk investasinya. Dewan Syariah Nasional juga menerbitkan aturan yang disebut fatwa yang berlandaskan pula pada undang-undang di Indonesia serta di kombinasikan dengan aturan Al-Qur’an serta Hadist yang menimbulkan aturan yang mengatur khusus.

Alasan terakhir mengapa investasi syariah berkembang pesat di Indonesia adalah lebih kepada kenyemanan dari investasi syariah tersebut. Sistem syariah menggunakan bagi hasil yang lebih aman dan juga berbisnis sehat serta menjauhkan dari hukum yang mendatangkan dosa, sehingga selain aman berbisnis investasi dan juga menajauhkan dari perbuatan dosa. Demikian beberapa alasan mangapa investasi berkembang pesat di Indonesia semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

3 Alasan Mengapa Investasi Syariah Berkembang Pesat Di Indonesia
4/ 5
Oleh