Tuesday 17 March 2015

Kegunaan Investasi Syariah Di Dalam Pembiayaan Ekspor



Pernahkan anda mendengar maupun mengetahui apa itu investasi untuk pembiyaan ekaspor?, memang produk investasi sekarang ini dapat berkembang di semua sektor bisnis maupun sektor ekonomi. Salah satunya bergerak di bidang pembiayaan ekspor atau pengiriman barang keluar negeri, lantas bagaimanakah sistem dan cara investasi syariah tersebut?. Maka dari itu kami akan membantu anda memahami kegunaan investasi syariah di dalam pembiayaan ekspor berikut ini.

Kegunaan investasi syariah di dalam pembiayaan ekspor nyatanya merupakan investasi yang membiayai fasilitas ekspor yang di berdayakan oleh devisi syariah dan tentunya masih mengunakan aturan-aturan investasi syariah. Sistem ini adalah
dengan penyediaan dana yang sebagai tagihan yang sudah di sepakati serta mewajibkan pihak yang sudah dibiayai untuk menganti atau mengembalikan uang tersebut sebagai tagihan dalam jangka waktu tertentu dan serta merupakan imbalan atau disebut margin dengan bersistem bagi hasil sesuai dengan prinsip investasi syariah.

Untuk selanjutnya tentang kegunaan investasi syariah di dalam pembiayaan ekspor adalah bermafaat bagi mereka eksportir yang dengan membutuhkan fresh money atau dana segar untuk menjalankan sistem atau bisnis ekspor impor tanpa perlu takut pengembalian dana membengkak dan tidak rasional.

Keuntungan dari kegunaan investasi syariah di dalam pembiayaan ekspor adalah layaknya keuntungan investasi syariah lainnya yaitu menggunakan prinsip murabahah, yaitu dengan mengabungkan harga barang dengan harga pengiriman, dengan harapan biaya pengiriman tersebut sebagai pembayaran atau pelunasan kepada investor, hal ini telah diatur dala Dewan Syariah Nasional (DSN). Selain itu juga terhadapat hukum ijarah yaitu penyewaan dana atau barang dan tentu mempunyai harga pembayaran sewa. Yang terakhir terdapat prinsip istishna, yaitu pihak penyelenggara investasi dapat membiayai para nasabah yang bertransaksi pada eksportir di tambahkan pula imbalan yang disepakati sebagai keuntungan yang telah diatur.

Demikian beberapa keuntungan dari kegunaan investasi syaraiah di dalam pembiayaan ekspor, tentunya hal ini akan mendatangkan keamanan dan garansi karena dijamin langsung oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) sehingga prinsip transparansi akan terpenuhi karena di dalam dewan tersebut.

Artikel Terkait

Kegunaan Investasi Syariah Di Dalam Pembiayaan Ekspor
4/ 5
Oleh