Tuesday 8 December 2015

Tips Untuk Memulai Bisnis Jamur Tiram

bisnis jamur tiram
Jamur tiram termasuk salah satu tanaman konsumsi yang mulai di gemari dewasa ini.Ya, jamur tiram sering sekali di jadikan bahan makanan untuk lauk makan.Selain itu, jamur tiram juga merupakan salah satu menu favorite untuk membuat cemilan.Nah, dengan fakta bahwa peminat jamur tiram mulai banyak, maka bisnis jamur tiram dapat menjadi salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan.Ada beberapa alasan selain meningkatnya peminat jamur tiram sehingga anda bisa mencoba memulai usaha jamur tiram.Salah satu hal yang mendasar adalah modal yang kecil untuk memulai dan kemudahan perawatan jamur tiram.Mari kita simak beberapa hal di bawah ini.

Membuat kumbung

Untuk memulai kegiatan bisnis jamur tiram, hal yang paling pertama untuk anda lakukan adalah membuat kumbung.Nah, kumbung ini adalah tempat pembudidayaan jamur tiram, juga merupakan tempat bernaung dari baglog, yaitu cikal bakal dari jamur tiram tersebut.Kumbung merupakan sebuah bangunan, seperti gubuk.Biasanya, kumbung terbuat dari bambu atau kayu.Nah, sementara dinding kumbung terbuat dari gedek atau papan.Hal terpenting dari pembuatan kumbung adalah kemampuan untuk menjaga kelembaban dan kestabilan suhu.Di dalam lumbung, anda harus menyiapkan beberapa rak bertingkat, yang bisa di buat dari bambu.Rak ini yang di gunakan untuk tempat baglog tadi.

Menyiapkan baglog

Disini, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menyiapkan baglog.Ya, baglog disini adalah media tanam yang sangat penting untuk bisnis jamur tiram. Nah, di sini, biasanya, baglog, yang nanti akan menjadi cikal bakal dari jamur tiram berasal dari serbuk gergaji. Hal ini berkaitan karena jamur tiram merupakan salah satu jamur kayu.Biasanya, baglog tsb di bungkus dengan plastic berbentuk silinder. Saat ini, jika anda ingin mendapatkan baglog dengan lebih simple, maka anda dapat membeli baglog dengan ukuran 1 kg dengan harga Rp 2.000 - Rp 2.500 saja.


bisnis jamur tiram
Perawatan bakal jamur

Hal yang tentu penting untuk di perhatikan dalam bisnis jamur tiram adalah perawatan si jabang jamur atau bakal jamur tsb. Hal ini penting karena perawatan yang benar tentu akan menghasilkan hasil panen yang melimpah dan seperti apa yang anda inginkan. Nah, sebagaimana yang kita tahu, bahwa bakal jamur di tempatkan pada baglog.Untuk merawat baglog tadi, anda harus memberikan ruang tumbuh jamur dengan memberikan lubang angin.Selain itu, penyiraman sebaiknya menggunakan sprayer agar baglog tetap lembab.Siram 2-3 kali sehari dan jaga suhu pada kisaran 16 - 24 derajat.

Panen jamur tiram

Ini adalah saat yang paling di tunggu.Ya, masa panen adalah masa yang indah untuk menikmati hasil jerih payah anda sekalian.Jika permukaan dari baglog tadi tertutup sempurna dengan miselium, maka anda dapat memanen jamur tiram sekitar 1 - 2 minggu.Nah, tutup lagi baglog tersebut.Biasanya, jamur tiram dapat di panen sekitar 5 - 8 kali.Nah, dalam bisnis jamur tiram, baglog yang sudah tidak terpakai dapat di jadikan sebagai kompos.Lihat, sangat berguna bukan. Beberapa hasil menunjukkan bahwa dalam 1 kg baglog akan menghasilkan sebanyak 0,7 - 0,8 jamur tiram.

Menjual hasil jamur tiram

Nah, sekarang kita membahas mengenai penjualan hasil panen. Setelah proses pengembangbiakan jamur tiram beserta perawatannya tadi, anda akan mendapatkan hasil bisnis jamur tiram pada saat panen tsb. Untuk mendapatkan keuntungan, maka anda harus memiliki metode yang pas untuk penjualan.Pada umumnya, anda dapat menjual hasil budidaya jamur tiram di pasar.Di sini, anda dapat menjual jamur tiram dalam kondisi mentah.Masukkan jamur tiram kedalam plastic bening dengan ukuran tertentu.Nah, anda juga dapat menitipkan pada pedagang untuk menyebarluaskan penjualan jamur tiram anda.

Selain itu, untuk menunjang hasil dari bisnis jamur tiram, anda dapat membuka sebuah usaha baru.Seperti yang sudah di kemukakan di awal bahwa jamur tiram merupakan salah satu camilan menarik dewasa ini.Dengan peluang seperti itu, anda dapat membuat usaha baru seperti jamur crispy.Nah, tentu dengan kemasan yang menarik, jamur tiram tadi dapat bernilai ekonomi lebih tinggi daripada di jual dengan kondisi mentah di pasar.Selain itu, dengan jamur yang berasal dari usaha sendiri, maka biaya produksi anda dapat ditekan sedemikian rupa.

Dari penjelasan di atas data di simpulkan bahwa jamur tiram merupakan ide bisnis baru yang dapat menjadi alternative anda. Ini akan menjadi bisnis sampingan yang lumayan menjanjikan. Nah, anda harus mengetahui beberapa hal sebelum memulai bisnis jamur tiram.Oleh karena itu, jika anda membutuhkan bantuan, jangan malu untuk bertanya.Selain itu, penting bagi anda untuk mencari channel yang siap menjadi penerima pasokan jamur tiram ketika anda mengalami masa panen.

Artikel Terkait

Tips Untuk Memulai Bisnis Jamur Tiram
4/ 5
Oleh